Chasis dan Mesin Mercedes Benz

Full Chasis Mercedes-Benz MB OH 1830
Mercedez-Benz mengeluarkan banyak varian untuk mesin diesel yang dipasang pada busnya. Mulai dari seri 300 sampai seri 900. Sebelum berbicara lebih lanjut, ada baiknya pembacaan seri mesin dimengerti terlebih dahulu, misal:

OM 906 LA
OM : Mesin diesel
906 : angka 900 merupakan mesin
seri 900 dan angka 6 merupakan
jumlah silindernya, kalo xx4 ya
berarti 4 silinder
L : intercooler
A : Turbocharger

Di Indonesia ada beberapa seri yang dipasang pada chassis bus Mercedes-Benz antara lain:
Seri 300

1. OM352

  • OF1113/42 130HP
  • OF1113/44 130HP
  • OF1113/45 130HP
  • OF1113/51 130HP

2. OM352A

  • OH1113/34 150HP

3. OM366

  • OF1113/45 145HP
  • OH1113/51 145HP

4. OM366A

  • OF1113/45 170HP
  • OF1518/52 180HP
  • OH1113/51 180HP
  • OH1113/51 170HP
  • OH1518/51 180HP
  • OH1518/60 180HP

5. OM366LA

  • OF1521/52 210HP
  • OH1521/60 210HP
  • OH1521/51 210HP

Seri 900

1. OM904LA

  • OF8000 152HP
  • OH1518 XBC 180HP

2. OM924LA

  • OH1521E3 210HP

3. OM906LA

  • OH1725 250HP
  • OH1525 250HP
  • OH1526 260HP
  • OH1626 260HP

4. OM926LA

  • OH1632 320HP
  • OH1830 300HP

Seri 400

  • ~ OM457LA 1836 360 HP

Dalam membahas bisnya MB jangan dicampur adukkan antara seri chassis danseri mesin. Seri chassis itu misalnya OH-1518, OH-1521, OH-1525, OH-1725 dll. Sedangkan seri mesin kodenya OM. Chassis yang berbeda bisa jadi menggunakan mesin yg basisnya sama atau bahkan persis sama.

OH-1518 dan OH-1521 menggunakan mesin seri OM-366, bedanya OH-1518 menggunakan OM-366A sedangkan 1521 menggunakan OM-366LA. Perbedaan keduanya hanya terletak di intercooler (berkode L). Bahkan pada OH-1525 & OH-1725, atau jika nanti bakal keluar OH-1526, ketiganya sama2 menggunakan mesin OM- 906LA. Tetapi seri chassis yang sama (OH-1518 misalnya) bisa jadi menggunakan mesin yg berbeda. OH-1518 lama menggunakan OM-366A, sedangkan OH-1518 baru (XBC) menggunakan mesin OM-904LA.

Leave a Reply