Chasis dan Mesin Mercedes Benz
OM 906 LA
OM : Mesin diesel
906 : angka 900 merupakan mesin
seri 900 dan angka 6 merupakan
jumlah silindernya, kalo xx4 ya
berarti 4 silinder
L : intercooler
A : Turbocharger
Di Indonesia ada beberapa seri yang dipasang pada chassis bus Mercedes-Benz antara lain:
Seri 300
1. OM352
- OF1113/42 130HP
- OF1113/44 130HP
- OF1113/45 130HP
- OF1113/51 130HP
2. OM352A
- OH1113/34 150HP
3. OM366
- OF1113/45 145HP
- OH1113/51 145HP
4. OM366A
- OF1113/45 170HP
- OF1518/52 180HP
- OH1113/51 180HP
- OH1113/51 170HP
- OH1518/51 180HP
- OH1518/60 180HP
5. OM366LA
- OF1521/52 210HP
- OH1521/60 210HP
- OH1521/51 210HP
Seri 900
1. OM904LA
- OF8000 152HP
- OH1518 XBC 180HP
2. OM924LA
- OH1521E3 210HP
3. OM906LA
- OH1725 250HP
- OH1525 250HP
- OH1526 260HP
- OH1626 260HP
4. OM926LA
- OH1632 320HP
- OH1830 300HP
Seri 400
- ~ OM457LA 1836 360 HP
Dalam membahas bisnya MB jangan dicampur adukkan antara seri chassis danseri mesin. Seri chassis itu misalnya OH-1518, OH-1521, OH-1525, OH-1725 dll. Sedangkan seri mesin kodenya OM. Chassis yang berbeda bisa jadi menggunakan mesin yg basisnya sama atau bahkan persis sama.
OH-1518 dan OH-1521 menggunakan mesin seri OM-366, bedanya OH-1518 menggunakan OM-366A sedangkan 1521 menggunakan OM-366LA. Perbedaan keduanya hanya terletak di intercooler (berkode L). Bahkan pada OH-1525 & OH-1725, atau jika nanti bakal keluar OH-1526, ketiganya sama2 menggunakan mesin OM- 906LA. Tetapi seri chassis yang sama (OH-1518 misalnya) bisa jadi menggunakan mesin yg berbeda. OH-1518 lama menggunakan OM-366A, sedangkan OH-1518 baru (XBC) menggunakan mesin OM-904LA.